Senin, 29 Oktober 2012

Membuat Animasi Perahu pada Blender

0 komentar
Project ini menggunakan dua objek yaitu :
1. Perahu
2. Ocean

Pembuatan Perahu

1.  Mengubah ukuran cube sesuai kebutuahan,dengan menekan tombol s pada keyboard


 2. Menghapus bagian sisi atas cube dengan cara berpindah ke edit mode dan memilih face select mode, kemudian klik kanan titik yang akan dihapus,lalu pilih only faces.


3.  Memilih modifier- solidify dan atur ketebalan dengan menggunakan menu thickness

4.  Kembali ke objek mode – modifier – subdivision surface


 5. Setelah memilih subdivision surface,maka bentuk cube td menjadi dibawah ini, kemudian ubah view dari view1 jadi view2.


6. Kemudian klik add – mesh – plane

7. Ubah ukuran plane tersebut dengan perbandingan 1:1 dgn perahu, lalu ubah ke edit mode lalu pada mesh   tool,pilih subdivide

8. Kemudian pilih vertex mode,lalu klik vertex-vertex yang ada dengan menahan shift dan klik kanan lalu pilih delete.


9. Setelah vertex didelete,klik vertex yang ada lalu tekan F, lalu setelah itu letakkan plane tsb ke perahu,lalu blok perahu dan plane,masuk ke edit mode,lalu klik plane lalu ctrl+p untuk membuat vertex parent.


Pembuatan Samudera (Ocean) :

1. Add mesh – cube

2. Modifier – ocean yang berfungsi mengubah bentuk cube menjadi layaknya samudera

3. Efek ombak diatur pada modifier seperti pengaturan choppiness dan alignment


4. Pembuatan Timeline :
    Klik Ocean – atur time = 0 – klik kanan pilih insert keyframe
    Klik next – atur time = 10 – klik kanan insert keyframe


5. Klik perahu – pilih physique – collision agar perahu mengikuti arus ombak

6. Kemudian menentukan Goal Strength dan Goal Stiffness sesuai keinginan dan menekan tombol I pada  keyboard dan memilih location untuk mengatur awal perahu dan memindahkan perahu ke arah sumbu yang diinginkan, untuk menentukan arah lajur perahu, kemudian diakhiri dengan menekan tombol I- Location.

0 komentar:

Posting Komentar