Senin, 17 Juni 2013

Genre Video Game di Dunia

0 komentar
Genre atau ragam permainan video digunakan untuk menggolongkan permainan video berdasarkan interaksi bidang permainannya, bukan hanya perbedaan visual maupun naratif.

Real time strategy (RTS), yaitu ragam permainan video yang mengandung unsur strategi. Permainan video RTS memerlukan kecakapan pemain untuk memimpin suatu bangsa, mengelola sumber daya, dan melancarkan perang untuk memperluas wilayah kekuasaan. Contoh permainan video dalam ragam ini adalah serial Age of Empires, Civilization, Rise of Nations, dan Warcraft.

World of Warcraft : The Frozen Throne

Tembak-menembak orang-pertama (first person shooter, FPS), yaitu ragam permainan video yang menuntut keterampilan pemain untuk menggunakan senjata untuk menyelesaikan misi-misi tertentu. Contoh permainan video dalam ragam ini adalah serial Counter-Strike, Half-Life, dan Max Payne.

Battlefield 3

Permainan peran (role playing game, RPG), yaitu ragam permainan video yang menempatkan pemain sebagai tokoh dalam permainan tersebut untuk memecahkan suatu misteri dengan menyelesaikan berbagai macam puzzle dan quest. Ragam ini biasanya memiliki alur cerita yang kompleks. Contoh permainan video dalam ragam ini adalah serial Final Fantasy, Star Ocean, dan Suikoden.

Dota 2

Permainan petualangan aksi, yaitu ragam permainan video yang menempatkan pemain sebagai tokoh dalam permainan tersebut, mirip dengan permainan peran, tetapi ditambah dengan unsur-unsur aksi, misalnya perkelahian dan tembak-menembak. Contoh permainan video dalam ragam ini adalah serial Prince of Persia dan Devil May Cry.

Assassin Creed 3

Permainan balap-membalap, yaitu ragam permainan video yang menuntut keterampilan pemain untuk mengemudi dalam sebuah kompetisi balap-membalap. Contoh permainan video dalam ragam ini adalah serial Need for Speed dan Juiced. Turn-based strategy (TBS), yaitu ragam permainan video strategi yang pemainnya saling menunggu giliran untuk bergerak.

Need For Speed : Most Wanted 2012

Permainan olahraga, yaitu ragam permainan video yang menuntut keterampilan pemain untuk melakukan pertandingan olahraga secara virtual, seperti pertandingan sepak bola, basket, dan sebagainya. Contoh permainan video dalam ragam ini adalah serial Pro Evolution Soccer dan Madden NFL.

Pro Evolitopn Soccer 2013

0 komentar:

Posting Komentar